Skip to main content

KLASIFIKASI PLASTIK

Plastik merupakan suatu bahan yang sering kali kita manfaatkan menjadi suatu barang ataupun alat yang sering kita gunakan. Banyak sekali barang - barang yang kita gunakan yang terbuat dari plastik, contohnya adalah kantong plastik, wadah untuk minum atau makan, pipa paralon ( PVC ), sikat gigi, gelas atau piring plastik, dan masih banyak lagi barang - barang yang terbuat dari plastik


Plastik merupakan hasil dari proses polimerisasi, yaitu proses penggabungan beberapa molekul sederhana menjadi molekul besar. Hasil dari polimerisasi tidak hanya terdapat pada barang - barang yang terbuat dari plastik, akan tetapi juga karet, serat, nilon, protein, karbihidrat, dan asam nukleat.
Plastik sendiri memiliki berbagai jenis dan kegunaan. Pengetahuan tentang jenis - jenis plastik ini sangat penting, khususnya saat kita akan mencari barang - barang untuk wadah makanan atau minuman yang terbuat dari plastik. Berikut ini adalah klasifikasi dari berbagai jenis plastik beserta simbol ( biasanya terdapat pada bagian bawah barang ) dan kegunaannya.





Simbol

Singkatan
Nama Polimer
Keterangan



PETE atau PET
Polyethylene terepthalate, juga dikenal sebagai polyester
Plastik ini kuat, kedap air serta gas. Bisa melunak pada suhu 80oC. Berwarna jernih, digunakan sebagai kemasan minuman, selai, minyak goreng, sambal, kecap, penampan plastik dalam kemasan biskuit. Plastik jenis ini sebaiknya hanya dipakai sekali saja, tdk boleh dipakai sbg wadah air hangat / panas.
Diperkirakan dapat mengakibatkan kanker.


HDPE atau PE - HD
High density polyethylene
Bersifat keras, kurang begitu lentur, tahan lembab dan mampu menahan reaksi kimia. Bisa dijumpai pada botol susu cair dan jus, plastik belanjaan, tutup plastik, galon air minum dan beberapa jenis tupperware. Rekomendasi para ahli untuk plastik ini adalah sekali pakai.
Tidak ada bukti toksisitas, gangguan endokrin.


PVC
Polyvinyl chloride
Bersifat kuat, keras, sukar didaur ulang. Disarankan untuk tidak digunakan sebagai kemasan makanan/minuman karena zat yg terkandung di dalamnya (DEHA) bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.




LDPE atau PE - LD
Low density polyethylene
Digunakan dalam kemasan makanan yang lembek seperti bungkus cokelat merk tertentu. Bersifat lentur, kuat, tahan air dan mudah untuk didaur ulang. Jenis plastik ini baik untuk digunakan sebagai wadah makanan/minuman.



PP
Polypropylene
Jenis terbaik yang bisa dimanfaatkan sebagai kemasan makanan / minuman. Bersifat lentur, kuat, mampu mencegah reaksi kimiawi serta tahan minyak dan panas.








PS
Polystyerene
Selain PS, ada juga EPS (Polistiren busa). PS sering digunakan untuk kemasan makanan beku serta bahan pembuat garpu dan sendok plastik. EPS digunakan untuk wadah makanan siap saji serta gelas kopi/teh/susu berbahan styrofoam.






OTHER atau O
Other plastic, termasuk : Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), dan Nylon.
 ABS & SAN baik digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman ( kuat dalam mencegah reaksi kimia yang bisa membahayakan kesehatan ).
PC sangat berbahaya, mengandung Bisphenol A yg dapat merusak sistem kromosom dan hormon, menurunkan kualitas sperma, dan mempengaruhi sistem kekebalan diri.

Klik disini untuk mengunduh file ini.


Comments

Popular posts from this blog

METABOLISME BAKTERI

MENGAPA KITA PERLU MENGETAHUI METABOLISME BAKTERI ?? Metabolisme bakteri perlu kita ketahui karena kita ingin mengetahui bagaimana menghambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri dan bagaimana kita dapat mengontrol metabolisme mereka untuk memperpanjang waktu simpan dari produk makanan. Apa itu METABOLISME ?? Metabolisme dalam bahasa Yunani adalah metabole, yang berarti perubahan. Metabolisme merupakan keseluruhan proses reaksi kimia dalam sel untuk mempertahankan hidup. Ada 2 macam reaksi dalam metabolisme bakteri, yaitu katabolisme dan anabolisme.

Manfaat dan Penggunaan Bakteri dalam Industri

Bakteri memiliki banyak sifat yang sangat berguna dalam dunia industri. Keanekaragaman Kingdom Bakteri tercermin oleh beragam aplikasi bakteri sebagai tenaga kerja yang murah. Thiobacillus ferooxidans Bakteri dapat digunakan untuk menambang emas dan tidak hanya itu, penemuan bahwa Thiobacillus ferrooxidans dapat membersihkan emas yang terperangkap dalam batuan mineral menarik perhatian dari perusahaan - perusahaan pertambangan, dan mereka kini mengembangkan metode penerapan bakteri-bakteri tersebut dalam industri penambangan emas. Biomining mungkin menjadi metode penambangan di masa depan, dan peneliti sekarang mencoba untuk mengelola atau "momodifikasi" bakteri sehingga bakteri dapat dugunakan untuk mengumpulan bijih besi.

PROGRAM KONVERSI SATUAN

Pembuatan program konversi satuan yang akan saya bagikan di sini adalah program konversi satuan yang saya buat menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0. Cara pembuatan program ini pun cukup sederhana, kita hanya memerlukan beberapa toolbox saja : label, text box, combo box, frame, command button, option button, dan check box. Agar lebih mudah untuk membuat program sederhana ini sebaiknya kita sudah menguasai dasar-dasar dari program VB 6. Berikut ini akan saya jelaskan langkah - langkahnya. Buka program VB 6.0 kemudian buat standart EXE, buat 3 form dan 1 MIDI form dengan cara klik add form pada toolbar. jangan lupa save dahulu project anda. Langkah 1 MIDI form diatur tinggi dan lebarnya sesuai selera anda. Untuk membuat menu bar dapat menggunakan menu editor dengan cara  klik icon Menu Editor pada toolbar sehingga muncul kotak dialog Menu Editor . Untuk membuat menu baru, klik Insert (Isi Caption dengan nama menu yang ingin dibuat, isi Name dengan nama unik unt